Bupati Inginkan Percepat Pembangunan Infrastruktur Dasar

Musi Rawas, – Muara Beliti merupakan Ibukota Kabupaten Musi Rawas (Mura), sudah sewajarnya pembangunan infrastruktur dasar dipercepat pembangunannya, diantaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Pasar di Muara Beliti.

Pemkab Mura dalam hal ini, sudah mengusulkan pembangunan RSUD dan Pasar di Muara Beliti ke Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru, agar mendapatkan bantuan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Mura, Hj Ratna Machmud saat melakukan peninjauan lokasi pembangunan Rumah Sakit, di Muara Beliti, Rabu (31/03).

Dikatakannya, jika pengajuan pembangunan tersebut disetujui, proses pembangunannya akan dilakukan pada April 2021 dengan anggaran kurang lebih Rp 50 miliar.

Dirinya menginginkan, agar RSUD ini nantinya dapat ditingkatkan bila perlu ke taraf internasional, sehingga pelayanan ke masyarakat dapat lebih dekat dan cepat.

Masyarakat tidak perlu lagi ke daerah lain lanjutnya, karena nantinya RSUD ini sudah lengkap, untuk itu perlu akses jalan yang mulus agar mobilisasi lebih cepat, seperti ke arah Kecamatan Muara Lakitan dan Muara Kelingi. Juga arah ke Kecamatan BTS Ulu dan Jayaloka, arah Kecamatan Megang Sakti dan STL Ulu Terawas dan akses ke kecamatan lainnya.

Selain itu sambungnya, pembangunan Pasar Muara Beliti juga akan dilakukan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, dan sebagai salah satu indikator perkembangan daerah.

Masih disampaikan Bupati, Pemkab Mura juga akan melakukan pembangunan Pasar Muara Beliti, karena ibu kota itu selain sebagai pusat pemerintahan, juga sebagai pusat perekonomian atau pasar. Jadi, wajib hukumnya untuk memiliki pasar.

Sementara itu, Kepala Dinas PU Cipta Karya Tata Ruang dan Pengairan (PU CKTRP) Kabupaten Mura, H Ristanto Wahyudi mengatakan, sesuai arahan Bupati, lahan untuk rumah sakit sudah disiapkan 2,5 hektar dengan dua masa bangunan.

Serta lanjut ia, Dinas PU CKTRP telah menyiapkan gambar teknisnya, dan kebutuhan lainnya untuk proses pembangunannya. (lis/and)

Related posts

Leave a Comment