Pra-Evaluasi, Penilaian Pelayanan Publik Menuju Pelayanan Prima 2022

MUSI RAWAS -Kabag RBP Rorena Polda Sumsel, AKBP Dolly Gumara, Kabag Tatalaksana Biro Organisasi Setda Provinsi Sumsel, Pembina TK I Efendi dan Kasubbag Kortala Biro Pemprov Sumsel, Mahendra, melaksanakan Pra-Evaluasi Penilaian Pelayanan Publik Menuju Pelayanan Prima 2022 di Polres Mura, sekitar pukul 10.00 WIB, Selasa (2/8/2022).

Kedatangan rombongan Polda Sumsel dan Pemprov Sumsel disambut langsung oleh, Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono didampingi Kabag Ops, Kompol Polin E.A Pakapahan, Kabag Ren, Kompol Nusirwan, Kasat Reskrim, AKP Dedi Rahmat Hidayat, Kasat Lantas, AKP Budi Harto, Kasat Intelkam, AKP Aminudin, Kasi Propam, Kompol Purwanto, Kasi Humas, AKP Purwono Jaya dan Kanit Regident, Iptu Graciano Lahama.

Penilaian dimulai dari Gedung Endra Dharmalaksana (Gedung Pelayanan), diawali dengan memeriksa buku mutasi dipenjagaan, ruangan laktasi, ruangan pelayanan SKCK, ruangan pelayanan Sidik Jari, ruangan pelayanan BPKB, ruangan pelayanan Dumas, ruangan pelayanan Kesehatan SIM, ruangan pelayanan Tilang, ruangan pelayanan konsultasi Narkoba, ruangan konsultasi Penyidik, ruangan konsultasi Hukum, ruangan konsultasi Propam, Arena Permainan Anak dan Toilet serta Command Center.

Lalu, dilantai II, ruangan Satreskrim, ruangan pelayanan Mediasi Keadilan Bedulur, ruangan pendidikan serta ruangan Konseling Bedulur.

Usai dilakukan penilaian di Gedung Pelayanan dilanjutkan ke Gedung Satpras, dimulai dari ruang tunggu, ruang laktasi, ruang registrasi, ruang identifikasi, ruang bermain anak, toilet, lokasi parkir, lapanga. praktek uji SIM, fasilitas penunjang berupa kulkas dan lain-lain.

Dalam kesempatan itu, Kabag RBP Rorena Polda Sumsel, AKBP Dolly Gumara saat dimintai keterangan, usai melakukan Pra-Evaluasi Penilaian Pelayanan, mengatakan bahwa sengaja kami dari RBP Rorena Polda Sumsel, serta perwakilan Tatalaksana Biro Organisasi Setda Provinsi Sumsel, melaksanakan Pra-Evaluasi, penilaian pelayanan publik menuju pelayanan prima tahun 2022.

Dan, kami melaksanakan Pra-Evaluasi ini sejauh mana, kongres perbaikan pelayanan publik dilaksanakan diseluruh polres jajaran wilayah Polda Sumsel.

“Namun, perlu diketahui bahwasannya Pra-Evaluasi yanling 2022 dari
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemenpan RB RI), akan diikuti sebelas polres dibawah Polda Sumsel, termasuk Polres Mura ini,” kata AKBP Dolly Gumara.

AKBP Dolly sapaanya menjelaskan, dari hasil pelaksanaan ini menyampaikan saran dan rekomendasi perbaikan dan peningkatan mutu pelayanan, termasuk juga, kami
datang melihat langsung termasuk juga secara sekilas, datang langsung melihat unit-unit pelayanan SPKT dan Satpas Satlantas SIM ini.

“Jujur saya sangat terkejut, sangat luar biasa dibawah kepemimpinan bapak Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono, mutu layanan yang ditampilkan. Dan, kami berharap mudah-mudahan, role model dari wilayah lain dan juga setiap unit dapat melihat pelayanan yang sudah diterapkan disini, Ya mudah-mudahan nanti, Kapolres Musi Rawas, akan mendapatkan, namun kami tidak berjanji, kita berusaha dan berdoa, bisa memperoleh predikat pelayanan prima Kemenpan RB,” ucap perwira berpangkat melati dua ini.

Lebih lanjut, AKBP Dolly menjelaskan, dan menjadi keunggulan dari Polres Mura setelah dilakukan pengecekan sekaligus penilaian dimana pelayanan SPKT, mulai dari Intel, Reskrim, Narkoba, semuanya jadi satu tempat.

Kemudian, sarana dan prasarananya sudah lengkap, mulai dari ruang laktasi, pojok baca, tempat duduk layanan, sudah cukup nyaman, malah sangat nyaman saya melihatnya dan juga menerapkan serta mengimplementasikan pelayanan khusus difabel, berbicara komprehensif dan paripurna disana. Dan, sampai disini (Gedung Satpras), kami melihat, sarana dan prasarana sudah lengkap, hanya saja perlu dibenai sedikit-sedikit saja, jadi akan lebih sempurna.

“Seperti disini kami berharap tinggal masalah konsitensi, integritas dan komitmen yang harus dipupuk dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

Disinggung bagaimana untuk penilaian dan perbandingannya dengan polres lain?

“Sangat positif, artinya kalau orang bintang empat, disini bintang lima,” tegas perwira mengenakan baju kemeja biru dipadu celana hitam ini.

Sementara itu, Kapolres Mura, AKBP Achmad Gusti Hartono mengatakan bahwa dalam rangka peningkatan pelayanan publik menuju pelayanan prima, kita hari ini kedatangan tim dari tim Polda Sumsel maupun tim Pemprov Sumsel.

“InsyaAllah yang baik akan ditingkatkan kembali dan yang masih kurang akan kita perbaiki. Dan kami, Polres Mura, berkomitmen akan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat khususnya Kabupaten Mura,” singkat Kapolres. (rls)

Related posts

Leave a Comment